Co-Product dan By-Product di Orlansoft ERP Process Manufacturing

Jun 6, 2023

Joint Product (produk bersama) adalah beberapa produk yang dihasilkan oleh suatu proses produksi pada saat yang bersamaan. Produk yang dihasilkan berupa Main Product dan Co-Product. Sedangkan produk sampingan (By-Product) adalah produk yang merupakan hasil sampingan (minor) dari proses produksi dan memiliki nilai pendapatan yang immaterial.

Penetapan biaya bersama atau penetapan biaya produk sampingan digunakan ketika adanya proses produksi atas beberapa produk dilakukan dalam proses yang sama dan baru dapat dipisahkan di proses produksi tahap selanjutnya. Titik dimana hasil dari proses produksi sudah dapat memisahkan Main Product, Co-Product atau By-Product disebut titik pisah. Suatu Finished Goods bisa mengalami beberapa titik pisah. Setiap titik pisah bisa menghasilkan Main Product, beberapa Co-Product dan/atau beberapa By-Product.

Gambar di atas mengilustrasikan titik pisah yang menghasilkan Sari Kedelai dan Ampas Kedelai. Ampas Kedelai di dalam ilustrasi di atas mungkin diakui sebagai Co-Product atau By-Product. Berikut ini adalah perbandingan antara By-Product vs Co-Product di dalam Orlansoft ERP adalah :

NoBy-ProductCo-Product
1Item ID dengan item type = Material dan option Co/By-Product = By-ProductItem ID dengan item type = Manufactured, dan option Co/By-Product = Co-Product
2Nilai penjualan By-Product biasanya diakui sebagai pendapatan lain-lain. Sales Account = Other Income from By-Product.Nilai penjualan Co-Product diakui dengan GL Account yang sama dengan Main Product (bisa dengan GL Account yang berbeda), dan selalu diakui sebagai Pendapatan Penjualan.
Sales Account = Gross Sales.
3By-Product unit cost biasanya ditentukan sebesar estimasi harga jual By Product atau nilai wajar yang lainnya.Co-Product Cost Ratio ditentukan dalam persentase atas nilai total cost Joint Product
4Di dalam Roll Up standard cost, By-Product merupakan pengurang nilai standard cost Main Product.

Nilai stock on-hand By-Product = By-Product actual qty x By-Product unit cost.
Nilai standard cost Co-Product dihitung bersamaan dengan perhitungan standard cost Main Product di dalam proses Roll-up Standard Cost.

Nilai Cost of Goods Manufactured Co-Product = Co-Product actual qty x standard cost Co-Product.
5Tidak diperlukan informasi estimate qty By-Product.

Hasil aktual quantity result di-entry di dalam transaksi Machine Usage.
Estimate qty result Co-Product ditampilkan di transaksi Production Order & Machine Usage.

Hasil aktual quantity result di-entry di dalam transaksi Machine Usage.
6Di dalam Cost Variance Analysis Report, By-Product ditampil di kolom Material Standard cost dan Material Actual Cost sebagai pengurang nilai Main Product.Di dalam Cost Variance Analysis Report,
Co-Product ditampilkan bersamaan dengan Main Productnya senilai cost ratio.

Tentang Orlansoft

Kontak

Jakarta

+62-21-80679392 / +62-21-80679393

Surabaya

+62-31-8782842 / +62-31-8782843

  PT. Orlansoft Data System

Tentang Orlansoft

Kontak

Jakarta

+62-21-80679392 / +62-21-80679393

Surabaya

+62-31-8782842 / +62-31-8782843

  PT. Orlansoft Data System

× Hubungi kami