SENTRAL ABADI BANGUNAN

{

Kami membutuhkan “Easy to replicate retail system” yang dilengkapi dengan fitur “Back Office” untuk mendukung pengembangan bisnis di masa depan.

Yuria Mirawati
Owner of Sentral Bangunan

 

SENTRAL ABADI BANGUNAN

{

Kami membutuhkan “Easy to replicate retail system” yang dilengkapi dengan fitur “Back Office” untuk mendukung pengembangan bisnis di masa depan.

Yuria Mirawati
Owner of Sentral Bangunan

THE COMPANY

Berawal dari toko tradisional yang didirikan di tahun 1986, toko ini terus berkembang dan berinovasi. Di tahun 2016 berkembang menjadi Sentral Abadi Bangunan, Supermarket yang bergerak di bidang penyedia bahan bangunan.

Di tahun 2017, Sentral Abadi Bangunan berubah nama menjadi Sentral Bangunan dengan menerapkan konsep one stop shopping yang mampu memberikan pengalaman belanja yang nyaman, leluasa, lengkap dan harga yang kompetitif.

Pembeli adalah komponen utama dan selalu menjadi prioritas bagi Sentral Bangunan untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan tersedianya pramuniaga yang selalu siap memberikan informasi produk yang dibutuhkan pembeli.

Keunggulan

Sentral Bangunan terletak pada produk keramik dan sanitary, dimana kedua produk tersebut selalu up-to-date dan ready stok dengan harga bersaing. Selain kedua produk unggulan tersebut, Sentral Bangunan juga menyediakan berbagai macam produk antara lain:

E

Keramik

E

Granit

E

Sanitary

E

Peralatan Dapur

E

Produk Cat

E

Lampu & kelistrikan

E

Handle Pintu

E

Alat Pertukangan

Sentral Bangunan juga memiliki Fasilitas unggulan yaitu:

E

Pelayanan pengiriman 1×24 jam

E

Jasa Design

E

Jasa Pasang

E

Program Membership

Tiada henti Sentral Bangunan terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan harapan semoga Sentral Bangunan menjadi supermarket bahan bangunan terbaik terutama untuk masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.

THE CHALLENGES

1

Selain penjualan di POS Kasir, ada juga penjualan dengan Sales Order Keramik, dan Sales Order Indent. Ini adalah Tantangan pertama yang harus disediakan System untuk mampu menyediakan fitur yang dapat mengintegrasikan semua jenis transaksi penjualan agar Point Reward tetap dihitung atas semua jenis transaksi penjualan (bukan hanya dari transaksi POS Kasir).

2

Tantangan ke-dua adalah perlunya fitur yang mendukung penjualan konsinyasi dari supplier agar supplier dapat menerima laporan harian dan purchase order atas barang terjual di hari kerja berikutnya.

3

Tantangan ke-tiga adalah kemudahan pelanggan untuk mendapatkan pengembalian dana atas barang yang diretur agar bisa langsung dipakai untuk pembayaran atas transaksi berikutnya di hari yang sama atau dalam periode tertentu.

4

Adanya kebutuhan fitur untuk melakukan pemberian diskon khusus dan batasan maksimum diskon khusus yang dapat dilakukan di POS Kasir adalah tantangan ke-empat. Batasan diskon khusus harus dapat ditentukan atas item produk apa saja dan berapa maksimum diskon khususnya atas masing masing item produk.

5

Kelengkapan jenis promo yang disediakan di dalam System adalah tantangan ke-lima. Promo juga harus bisa diintegrasikan dengan Tipe Pembayaran agar bisa mengakomodasi kebutuhan promo untuk jenis kartu kredit tertentu dari Bank tertentu.

6

Tantangan ke-enam adalah kelengkapan fitur membership. Membership harus memiliki fitur masa berlaku, masa tenggang, pembayaran renewal fee, dan promo khusus untuk anggota member.

7

Kemudahan mencetak Price Tag di toko adalah tantangan ke-tujuh. Price Tag atas perubahan harga, diskon atau promo harus mudah dicetak setiap harinya lengkap dengan informasi harga jual normal dalam kemasan terbesar dan terkecil, harga dan masa berlaku promo.

8

Tantangan ke-delapan adalah tersedianya fitur procure to pay yang lengkap. Fitur Purchase order harus terintegrasi dengan Sales Order Indent dan transfer barang dari Gudang ke Toko.

9

Tantangan yang terakhir adalah bagaimana mengintegrasikan semua transaksi procure to pay dan semua transaksi sales ke Accounting untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.

“Keahlian Orlansoft di industri Retail dan Wholesale membantu Kami dalam membangun Retail System untuk Supermarket Bahan Bangunan Kami dengan masa implementasi yang cepat dan bisnis proses yang sesuai dengan “Best Practice”.”

Yuria Mirawati Owner of Sentral Bangunan

ORLANSOFT SOLUTIONS

Orlansoft ERP – Sales Order menyediakan fasilitas untuk mengkategorisasi tipe transaksi sales order sesuai dengan kebutuhan bisnis proses. Transaksi Sales order untuk kebutuhan pesanan keramik atau indent tersedia di Orlansoft ERP dan terintegrasi Orlansoft POS (Point of Sale).

Transaksi realisasi penjualan dari Sales Order maupun POS Sales dapat disetting untuk acuan perhitungan Point Rewards. Fitur uang muka untuk transaksi Indent secara otomatis akan mengurangi nilai yang harus dibayar di dalam transaksi POS sebesar nilai yang muka yang pernah dibayarkan.

Orlansoft Consignment Item disediakan untuk membedakan mana saja item produk yang merupakan Purchase Consignment Item (barang milik supplier yang dititipkan di toko untuk dijual). Pengaturan harga jual dan harga beli atas Purchase Consignment Item bisa diatur di fitur Price Master.

Automatic Purchase Order dan Purchase Receipt di jam tertentu akan tergenerate secara otomatis atas transaksi penjualan di hari yang sama sesuai dengan kuantitas terjual. Automatic Purchase Return juga akan tergenerate otomatis sebanyak kuantitas Purchase Consignment Item yang ada di dalam Sales Return.

Orlansoft Sales Return secara otomatis akan menghasilkan Return Voucher senilai harga jual atas item produk yang diretur. Retur Voucher memiliki masa berlaku mulai dari tanggal transaksi Sales Return sampai dengan sekian hari sesuai dengan setting di master cash voucher – tipe return, sehingga pelanggan bisa langsung menggunakan Return Voucher untuk transaksi POS Sales berikutnya di hari yang sama atau selama masa berlaku voucher di semua toko.

Fitur Urgent Discount yang memungkinkan User tertentu (selain Kasir) untuk memberikan diskon khusus atas suatu item produk tertentu dengan batasan otorisasi Maximum Price Reduction yang ditentukan dari Kantor Pusat untuk setiap item. Fitur ini memberikan priviledge bagi user khusus di toko untuk melakukan otorisasi diskon khusus dan pada saat yang bersamaan Kantor Pusat tetap dapat mengontrol batasan maksimum atas diskon khusus yang boleh diberikan oleh user toko.

Discount dan Promo akan terisi secara otomatis saat Barcode di-scan. Untuk kasus Promo beli 2 A dapat gratis B, Kasir boleh melakukan scanning Barcode dengan urutan barang: A, C, B, D, A – extra discount senilai B akan terhitung otomatis dan A akan tercetak dengan 1 line sebanyak 2 pcs.

Promotion Builder memiliki banyak kombinasi promo antara lain:

E

Promo untuk member atau Pemegang Kartu Debit/Kredit tertentu.

E

Diskon lebih besar untuk pembelian lebih banyak.

E

Beli 2 gratis 1 barang yang sama atau barang berbeda atau tambahan merchandise.

E

Beli produk personal care untuk merk ABC senilai Rp. 400.000 mendapatkan extra 1 botol barang G.

E

Beli barang X bisa membeli barang Y seharga Rp. 10.000 dari harga normal Rp. 50.000.

Selain skema discount & promo di atas, juga tersedia fasilitas pengaturan dari Kantor Pusat untuk penentuan apakah suatu skema diskon atau promo berlaku di semua toko atau hanya di toko tertentu.

Orlansoft Price Tag menyediakan secara otomatis semua Price Tag atas item produk yang memiliki perubahan harga jual, diskon dan promo untuk setiap toko, agar bisa langsung di- print oleh user toko. Informasi yang ditampilkan di dalam Price Tag dapat di-customize sesuai dengan kebutuhan bisnis proses, misalkan perlu ditampilkan informasi harga jual normal dalam kemasan terbesar dan terkecil, harga dan masa berlaku promo.

Orlansoft Payment Run memudahkan proses cycle payment atas pembelian di semua Toko dan Gudang dengan single payment transaction per supplier dari Bank Kantor Pusat, sehingga proses pengaturan cash flow di Kantor Pusat menjadi lebih mudah.

System Generated Journals menyediakan fitur otomatis Accounting Journal atas semua transaksi keuangan di Toko, di Gudang dan Kantor Pusat ke dalam single screen yang mempercepat user Accounting di Kantor Pusat untuk melakukan proses closing Accounting Period dan menerbitkan laporan keuangan secara bulanan.

Orlansoft Membership menyediakan fitur untuk pengaturan Customer Loyalty Program. Promo yang diberikan kepada anggota member dapat diatur di menu Promo Master. Penentuan masa berlaku membership, masa tenggang dan renewal fee pada diatur di menu Entity Setup. Transaksi POS Sales atas anggota member secara otomatis akan memberikan notifikasi jika masa tenggang atau masa berlaku member sudah berakhir. Pelanggan bisa langsung membayar renewal fee sekaligus mendapatkan diskon member dalam satu bill yang sama.

Multiple types of Purchase Order menyediakan fitur Regular Purchase Order, Urgent Purchase Order, Purchase Order for Indent Items dengan otoritasasi approval yang bisa berbeda-beda. Transaksi Goods Receipt selalu mengacu pada Purchase Order dan dapat dicetak dengan atau tanpa harga. Fitur Tukar Faktur Supplier atas transaksi pembelian dari semua toko dapat dicetak sebagai Tanda terima Faktur oleh user Kantor Pusat.

THE TEAM

Sentral Bangunan

  • Define System Requirements
  • Technical Knowledge of legacy system
  • First-Line Support

Orlansoft

  • Project Management
  • Technical Support
  • Software Set-Up
  • Data Conversion
  • End User Training & Implementation
  • On-going Software Support

THE RESULTS

Orlansoft ERP dan Orlansoft POS

Solusi Retail Management System, Warehouse Management System, Inventory Control dan Accounting System yang terintegrasi untuk kemudahan proses transaksi di Sentral Bangunan. Solusi ini sukses terimplementasi dalam 2 (dua) bulan untuk kantor pusat, gudang dan toko pertama.

HIGHLIGHTS

COMPANY

Company Name

PT. Sentral Abadi Bangunan (Sentral Bangunan – Supermarket Bahan Bangunan)

Industry

Building Material Supermarket

SOLUTION

Orlansoft Solution

Orlansoft ERP, Orlansoft Point of Sale

Sites

Malang: Karanglo

Implementation Time

In 2 months for 1 st store

Platform

PC Servers with Microsoft Windows 2012 Server R2 64 bit – OS

Environment

Sybase SQL Anywhere 17.xx database Firefox 45x or higher

RESULT

E

Single master data customer & product untuk semua user.

E

POS system yang terintegrasi fitur auto online/off-line.

E

Integrasi bisnis proses untuk semua transaksi penjualan, pembelian, stok, keuangan, dan akunting.

E

Kemudahan menjalankan strategi marketing dengan fitur promo, point reward, dan cash voucher.

 

Berawal dari toko tradisional yang didirikan di tahun 1986, toko ini terus berkembang dan berinovasi. Di tahun 2016 berkembang menjadi Sentral Abadi Bangunan, Supermarket yang bergerak di bidang penyedia bahan bangunan.

Di tahun 2017, Sentral Abadi Bangunan berubah nama menjadi Sentral Bangunan dengan menerapkan konsep one stop shopping yang mampu memberikan pengalaman belanja yang nyaman, leluasa, lengkap dan harga yang kompetitif.

Pembeli adalah komponen utama dan selalu menjadi prioritas bagi Sentral Bangunan untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan tersedianya pramuniaga yang selalu siap memberikan informasi produk yang dibutuhkan pembeli.

Keunggulan

Sentral Bangunan terletak pada produk keramik dan sanitary, dimana kedua produk tersebut selalu up-to-date dan ready stok dengan harga bersaing. Selain kedua produk unggulan tersebut, Sentral Bangunan juga menyediakan berbagai macam produk antara lain:

E

Keramik

E

Sanitary

E

Produk Cat

E

Handle Pintu

E

Granit

E

Peralatan Dapur

E

Lampu & kelistrikan

E

Alat Pertukangan

Sentral Bangunan juga memiliki Fasilitas unggulan yaitu:

E

Pelayanan pengiriman 1×24 jam

E

Jasa Design

E

Jasa Pasang

E

Program Membership

Tiada henti Sentral Bangunan terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan harapan semoga Sentral Bangunan menjadi supermarket bahan bangunan terbaik terutama untuk masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.

THE CHALLENGES

1

Selain penjualan di POS Kasir, ada juga penjualan dengan Sales Order Keramik, dan Sales Order Indent. Ini adalah Tantangan pertama yang harus disediakan System untuk mampu menyediakan fitur yang dapat mengintegrasikan semua jenis transaksi penjualan agar Point Reward tetap dihitung atas semua jenis transaksi penjualan (bukan hanya dari transaksi POS Kasir).

2

Tantangan ke-dua adalah perlunya fitur yang mendukung penjualan konsinyasi dari supplier agar supplier dapat menerima laporan harian dan purchase order atas barang terjual di hari kerja berikutnya.

3

Tantangan ke-tiga adalah kemudahan pelanggan untuk mendapatkan pengembalian dana atas barang yang diretur agar bisa langsung dipakai untuk pembayaran atas transaksi berikutnya di hari yang sama atau dalam periode tertentu.

4

Adanya kebutuhan fitur untuk melakukan pemberian diskon khusus dan batasan maksimum diskon khusus yang dapat dilakukan di POS Kasir adalah tantangan ke-empat. Batasan diskon khusus harus dapat ditentukan atas item produk apa saja dan berapa maksimum diskon khususnya atas masing masing item produk.

5

Kelengkapan jenis promo yang disediakan di dalam System adalah tantangan ke-lima. Promo juga harus bisa diintegrasikan dengan Tipe Pembayaran agar bisa mengakomodasi kebutuhan promo untuk jenis kartu kredit tertentu dari Bank tertentu.

6

Tantangan ke-enam adalah kelengkapan fitur membership. Membership harus memiliki fitur masa berlaku, masa tenggang, pembayaran renewal fee, dan promo khusus untuk anggota member.

7

Kemudahan mencetak Price Tag di toko adalah tantangan ke-tujuh. Price Tag atas perubahan harga, diskon atau promo harus mudah dicetak setiap harinya lengkap dengan informasi harga jual normal dalam kemasan terbesar dan terkecil, harga dan masa berlaku promo.

8

Tantangan ke-delapan adalah tersedianya fitur procure to pay yang lengkap. Fitur Purchase order harus terintegrasi dengan Sales Order Indent dan transfer barang dari Gudang ke Toko.

9

Tantangan yang terakhir adalah bagaimana mengintegrasikan semua transaksi procure to pay dan semua transaksi sales ke Accounting untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.

“Keahlian Orlansoft di industri Retail dan Wholesale membantu Kami dalam membangun Retail System untuk Supermarket Bahan Bangunan Kami dengan masa implementasi yang cepat dan bisnis proses yang sesuai dengan “Best Practice”.”

Yuria Mirawati Owner of Sentral Bangunan

ORLANSOFT SOLUTIONS

Orlansoft ERP – Sales Order menyediakan fasilitas untuk mengkategorisasi tipe transaksi sales order sesuai dengan kebutuhan bisnis proses. Transaksi Sales order untuk kebutuhan pesanan keramik atau indent tersedia di Orlansoft ERP dan terintegrasi Orlansoft POS (Point of Sale).

Transaksi realisasi penjualan dari Sales Order maupun POS Sales dapat disetting untuk acuan perhitungan Point Rewards. Fitur uang muka untuk transaksi Indent secara otomatis akan mengurangi nilai yang harus dibayar di dalam transaksi POS sebesar nilai yang muka yang pernah dibayarkan.

Orlansoft Consignment Item disediakan untuk membedakan mana saja item produk yang merupakan Purchase Consignment Item (barang milik supplier yang dititipkan di toko untuk dijual). Pengaturan harga jual dan harga beli atas Purchase Consignment Item bisa diatur di fitur Price Master.

Automatic Purchase Order dan Purchase Receipt di jam tertentu akan tergenerate secara otomatis atas transaksi penjualan di hari yang sama sesuai dengan kuantitas terjual. Automatic Purchase Return juga akan tergenerate otomatis sebanyak kuantitas Purchase Consignment Item yang ada di dalam Sales Return.

Orlansoft Sales Return secara otomatis akan menghasilkan Return Voucher senilai harga jual atas item produk yang diretur. Retur Voucher memiliki masa berlaku mulai dari tanggal transaksi Sales Return sampai dengan sekian hari sesuai dengan setting di master cash voucher – tipe return, sehingga pelanggan bisa langsung menggunakan Return Voucher untuk transaksi POS Sales berikutnya di hari yang sama atau selama masa berlaku voucher di semua toko.

Fitur Urgent Discount yang memungkinkan User tertentu (selain Kasir) untuk memberikan diskon khusus atas suatu item produk tertentu dengan batasan otorisasi Maximum Price Reduction yang ditentukan dari Kantor Pusat untuk setiap item. Fitur ini memberikan priviledge bagi user khusus di toko untuk melakukan otorisasi diskon khusus dan pada saat yang bersamaan Kantor Pusat tetap dapat mengontrol batasan maksimum atas diskon khusus yang boleh diberikan oleh user toko.
Discount dan Promo akan terisi secara otomatis saat Barcode di-scan. Untuk kasus Promo beli 2 A dapat gratis B, Kasir boleh melakukan scanning Barcode dengan urutan barang: A, C, B, D, A – extra discount senilai B akan terhitung otomatis dan A akan tercetak dengan 1 line sebanyak 2 pcs.
Promotion Builder memiliki banyak kombinasi promo antara lain:
E

Promo untuk member atau Pemegang Kartu Debit/Kredit tertentu.

E

Diskon lebih besar untuk pembelian lebih banyak.

E

Beli 2 gratis 1 barang yang sama atau barang berbeda atau tambahan merchandise.

E

Beli produk personal care untuk merk ABC senilai Rp. 400.000 mendapatkan extra 1 botol barang G.

E

Beli barang X bisa membeli barang Y seharga Rp. 10.000 dari harga normal Rp. 50.000.

Selain skema discount & promo di atas, juga tersedia fasilitas pengaturan dari Kantor Pusat untuk penentuan apakah suatu skema diskon atau promo berlaku di semua toko atau hanya di toko tertentu.
Orlansoft Membership menyediakan fitur untuk pengaturan Customer Loyalty Program. Promo yang diberikan kepada anggota member dapat diatur di menu Promo Master. Penentuan masa berlaku membership, masa tenggang dan renewal fee pada diatur di menu Entity Setup. Transaksi POS Sales atas anggota member secara otomatis akan memberikan notifikasi jika masa tenggang atau masa berlaku member sudah berakhir. Pelanggan bisa langsung membayar renewal fee sekaligus mendapatkan diskon member dalam satu bill yang sama.
Orlansoft Price Tag menyediakan secara otomatis semua Price Tag atas item produk yang memiliki perubahan harga jual, diskon dan promo untuk setiap toko, agar bisa langsung di- print oleh user toko. Informasi yang ditampilkan di dalam Price Tag dapat di-customize sesuai dengan kebutuhan bisnis proses, misalkan perlu ditampilkan informasi harga jual normal dalam kemasan terbesar dan terkecil, harga dan masa berlaku promo.

Multiple types of Purchase Order menyediakan fitur Regular Purchase Order, Urgent Purchase Order, Purchase Order for Indent Items dengan otoritasasi approval yang bisa berbeda-beda. Transaksi Goods Receipt selalu mengacu pada Purchase Order dan dapat dicetak dengan atau tanpa harga. Fitur Tukar Faktur Supplier atas transaksi pembelian dari semua toko dapat dicetak sebagai Tanda terima Faktur oleh user Kantor Pusat.

Orlansoft Payment Run memudahkan proses cycle payment atas pembelian di semua Toko dan Gudang dengan single payment transaction per supplier dari Bank Kantor Pusat, sehingga proses pengaturan cash flow di Kantor Pusat menjadi lebih mudah.
System Generated Journals menyediakan fitur otomatis Accounting Journal atas semua transaksi keuangan di Toko, di Gudang dan Kantor Pusat ke dalam single screen yang mempercepat user Accounting di Kantor Pusat untuk melakukan proses closing Accounting Period dan menerbitkan laporan keuangan secara bulanan.

THE TEAM

Sentral Bangunan

  • Define System Requirements
  • Technical Knowledge of legacy system
  • First-Line Support

Orlansoft

  • Project Management
  • Technical Support
  • Software Set-Up
  • Data Conversion
  • End User Training & Implementation
  • On-going Software Support

THE RESULTS

Orlansoft ERP dan Orlansoft POS

Solusi Retail Management System, Warehouse Management System, Inventory Control dan Accounting System yang terintegrasi untuk kemudahan proses transaksi di Sentral Bangunan. Solusi ini sukses terimplementasi dalam 2 (dua) bulan untuk kantor pusat, gudang dan toko pertama.

HIGHLIGHTS

COMPANY

Company Name

PT. Sentral Abadi Bangunan (Sentral Bangunan – Supermarket Bahan Bangunan)

Industry

Building Material Supermarket

SOLUTION

Orlansoft Solution

Orlansoft ERP, Orlansoft Point of Sale

Sites

Malang: Karanglo

Implementation Time

In 2 months for 1 st store

Platform

PC Servers with Microsoft Windows 2012 Server R2 64 bit – OS

Environment

Sybase SQL Anywhere 17.xx database Firefox 45x or higher

RESULT

E

Single master data customer & product untuk semua user.

E

POS system yang terintegrasi fitur auto online/off-line.

E

Integrasi bisnis proses untuk semua transaksi penjualan, pembelian, stok, keuangan, dan akunting.

E

Kemudahan menjalankan strategi marketing dengan fitur promo, point reward, dan cash voucher.

 

Tentang Orlansoft

Kontak

Jakarta

+62-21-80679392 / +62-21-80679393

Surabaya

+62-31-8782842 / +62-31-8782843

  PT. Orlansoft Data System

Tentang Orlansoft

Kontak

Jakarta

+62-21-80679392 / +62-21-80679393

Surabaya

+62-31-8782842 / +62-31-8782843

  PT. Orlansoft Data System

× Hubungi kami